Blogger Writing Competiton 2017

Tema: “Rumah: Surga dan Istanaku”

Punya Rumah Kecil Ternyata Banyak Untungnya

RumahHokie.com – Anda tak memiliki banyak uang untuk membeli rumah besar? Tak ada salahnya Anda membeli rumah berukuran kecil.

Tinggal di rumah mungil bukan berarti Anda tidak bisa bahagia. Meski kecil, rumah yang dirawat dengan baik, bisa menghadirkan kenyamanan bagi para penghuninya.

Tak hanya itu, rumah mungil pun memiliki beberapa keuntungan yang tak dipunyai rumah megah berukuran besar. Apa saja?

Harga Lebih Terjangkau
Harga rumah kecil tentu lebih murah dibanding rumah besar. Di samping itu, pajak bumi dan bangunan (PBB) jauh lebih murah.

Hemat Pengeluaran
Rumah kecil tidak membutuhkan furnitur atau perabotan yang banyak. Pasalnya, jika terlalu banyak furnitur, rumah justru akan terlihat sempit dan sumpek. Tanpa banyak furnitur dan perabotan, tentu Anda dapat menghemat bujet.

Mudah Dirawat
Bayangkan jika Anda memiliki rumah dua lantai dengan luas di atas 100 meter persegi. Tentu merawatnya akan sulit dan memerlukan waktu ekstra. Nah, jika rumah Anda mungil, misalnya “hanya” berukuran 36 meter persegi, tentu perawatannya lebih mudah, hemat, dan tak banyak buang waktu.

Lebih Rileks
Membersihkan dan merapikan rumah terkadang mendatangkan stres bagi Anda, apalagi jika Anda memiliki rumah besar. Waktu Anda juga tersita untuk mengatur bagian rumah mana yang harus dibersihkan. Bisa jadi Anda sudah stres sebelum mulai beres-beres.

Hemat Konsumsi Listrik
Rumah mungil tidak memerlukan terlalu banyak penerangan atau penyejuk ruangan. Dengan demikian, konsumsi listrik tidak akan terlalu banyak.

Nyaman Meninggalkan Rumah
Jika suatu saat Anda harus meninggalkan rumah atau mudik lebaran, Anda tidak membutuhkan energi berlebih untuk mengawasinya dan lebih tenang meninggalkan rumah—tentunya diawasi petugas keamanan lingkungan.

Ajang Kreativitas
Keterbatasan ruang memaksa Anda untuk berkreasi menciptakan ruangan yang nyaman atau perabot dan pernik multi-fungsi. Misalnya, tempat penyimpanan di bawah tempat tidur atau anak tangga yang dijadikan laci.

Lebih Mudah Dijual
Dibanding rumah besar, rumah kecil relatif banyak peminatnya. Apalagi jika berada di kawasan yang tengah berkembang (sunrise). Capital gain-nya pun lebih tinggi dibanding rumah besar.

Leave a Reply