Blogger Writing Competiton 2017

Tema: “Rumah: Surga dan Istanaku”

Mengenal Blanket Mortgage Serta Untung-Ruginya

RumahHokie.com – Secara harfiah, blanket mortgage berarti “selimut utang atau utang yang ditutupi”. Walah, susah amat padanannya. Padahal bahasa kita itu lumayan kaya.

Coba kata “offside”. Artinya, bisa lari di depan bola, bisa melampaui batas, tapi bisa “keterlaluan/kejauhan”. Tapi begitu Anda ngomong, ”kamu jangan offside, dong”. Mana enak sih?

Ntar dia bilang, “ya udah. Kalo elu enggak suka, ya penalty aja”. Berantem dah, hakim garis kemana?

Blanket mortgage adalah teknik berutang yang mengombinasikan beberapa aset sekaligus dalam satu pokok pinjaman. Ada lahan kosong, rumah tinggal dan gudang, lalu diagunkan bareng-bareng jadi satu utang. Jadi bukan tiga utang.

Hal ini juga lazim di Indonesia. Mengapa Anda tidak kenal? Karena propertinya cuma satu dan ngapain di-blanket-kan?

Sebetulnya Anda punya beberapa properti, tapi hanya satu yang diketahui isteri dan empat lainnya beli diam-diam. Nah, kalau begitu Anda butuh “Wife Amnesty” atau Anda sudah “offside“.

Aset Diambil Saat Utang Belum Lunas
Persoalannya, aset-aset blanket seringkali dihitung undervalued oleh bank, sehingga utang kita tidak optimal. Tetapi cara ini praktis karena Anda tidak perlu bikin Akta Hak Tanggungan beberapa biji. Cukup satu.

Tetapi ingat, jika Anda default dan gagal bayar, semua properti berada dalam genggaman kreditor. Bisakah salah satu aset dikeluarkan di tengah posisi kredit masih belum lunas? Bisa.

Caranya, Anda melakukan opname aset dengan bank kreditor dan jika sisa utang cukup dengan agunan tertentu, maka agunan yang tadinya ngumpul dapat Anda cabut sebagian.

Ini pelunasan parsial. Ini juga berlaku kepada Anda yang jadi developer dan aset tanah diagunkan sedangkan sertifikat sudah dipecah sesuai jumlah unit. Anda cukup meminta pelunasan parsial sesuai letak unit yang ingin dilunasi.

Apakah sama dengan selimut cinta? Beda dong. Itu kan kehangatan yang tulus kepada isteri untuk mengayomi dengan kasih yang murni.

Selimut cinta bukan “blanket of love” dan Anda tidak dapat padankan dengan properti. Artinya kan Anda menyatukan beberapa nyonya dalam satu rumah. Hancur. Beterbangan panci dan cobek, bro!

Kalau maksa, Anda sudah offside tuh. Hukumannya ya penalty. Jangan coba-coba kalo masih ingin selamat!

 icon-men Dedy
Mentor investasi properti nasional ini sebelumnya menjabat CEO di tiga perusahaan properti yang berbasis di Indonesia. Saat ini Suherman juga menjadi dosen dan aktif memberi seminar, pelatihan, dan konsultansi untuk perencanaan dan pemasaran properti.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Leave a Reply